368x60px

Labels

Blogger news

Kamis, 02 November 2017

mab



PROFIL MTs SABILURROHMAN
RINGINHARJO GUBUG GROBOGAN

A.   Sekilas Madrasah
MTs Sabilurrohman Gubug adalah madrasah pada jenjang pendidikan setingkat SMP ini berada di kawasan pedesaan, terletak: 41 Km, Timur kota Semarang. + 42 Km di ujung Barat Laut dari kota Kabupaten Grobogan (perbatasan Kabupaten Demak), 9,5 Km sebelah Utara Kecamatan Gubug, memiliki ciri khas budaya Islami ini terletak dusun Gayas di Jalan Kauman 03/ 22 Desa Ringinharjo Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan kode pos 58164.
Madrasah yang berciri khas Islam dikelola oleh Yayasan Umat Islam Nida Abdul Rohman (YAUMINA) dibawah asuhan KH. Muhammad Asykuri (Pembina) dan Dr. Muhlis, M.Ag sebagai Ketua Pengurus dan dipimpin oleh Winda Mualifah, S.Pd sebagai Kepala Madrasah dengan status akreditasi BAN S-M, Terakreditasi A (sangat baik) berdasarkan SK Penetapan Hasil Akreditasi BAP S/M Nomor  101 / BAP-SM /XI/2013.

B.     Perjuangan Pendirian Madrasah
Latar belakang berdirinya MTs Sabilurrohman Gubug adalah cikal bakal didirikannya Madrasah Diniyah Setelah sekian lama Madrasah Diniyah berdiri, maka hal ini mendapat sambutan baik oleh masyarakat. Oleh karena itu, seorang pemimpin muda Muhammad Asykuri, mempunyai inisiatif dan memandang perlu untuk mempersiapkan putra–putri Bangsa menjadi manusia muslim yang berakhlak mulia dan berilmu pengetahuan, maka pada tahun 1981, pemimpin muda tersebut mengundang sejumlah tokoh masyarakat untuk diajak musyawarah dengan pokok acara: Pendirian Madrasah Tsanawiyah (MTs) dibawah naungan/ pembinaan Yayasan Umat Islam (YAUMI) periode 1980–2010, Namun karena faktor dangkal dan primitif pemikiran mereka, maka undangan rapat ini kurang mendapatkan tanggapan. Tetapi pemimpin muda tersebut telah bertekad bulat, dengan semboyan ketika orang lain bisa, kenapa kita tidak?.
Semenjak dengan ketentuan undang-undang yayasan nomor 28 tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah tentang yayasan, pendiri Yayasan menyesuaikan dengan melakukan Perubahan Status Yayasan dari Yayasan Umat Islam (YAUMI) menjadi Yayasan Umat Islam Nida Abdul Rohman (YAUMINA) dengan disyahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, pada tahun 2010.
Berangkat dari Visi dan Misi yang sederhana tersebut di atas, maka Pemimpin muda tersebut tetap berusaha mengadakan pendekatan kepada kawan-kawan yang dipandang  mampu untuk mengampu Mata Pelajaran di Madrasah Tsanawiyah untuk diajak kerjasama mengelola Madrasah yang akan didirikan itu. Dalam hal ini yang bersedia membantu sebagai tenaga guru adalah Almarhum Bapak Dimyati, Bapak Ngatmin Guru SD Ringinkidul, Bapak H. Nur Rohman guru SD Ringinkidul, dan Bapak Sugiyanto guru SD Tambakan. Sehingga pada tanggal 10 Juli 1981, secara resmi mendirikan MTs di komplek Madin Sabilurrahman Ringinharjo.
Pada awal pendirian (1981 – 1983), waktu kegiatan pembelajaran di MTs ini masuk siang hari (jam 13.00 WIB), karena sebagian besar latar belakang gurunya berasal dari guru-guru SD di sekitar MTs. Lambat laun setelah itu pembelajaran masuk pagi.
MTs ini diberi nama : MTs “Sabilurrahman“. guna mengenang jasa pendiri pendidikan yang pertama (Almaghfurlah Kyai Abdurrahman).
Untuk mendapatkan pembinaan yang cukup, maka pada tahun 1981 itu juga pemimpin muda ini mendaftarkan MTs Sabilurrahman di Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah. Sehingga terbit Piagam Pengakuan tanggal 7 Desember 1982, dengan no:Mk/5.c/560/Pgm /Ts/82.
Manajemen pendidikan MTs. Sabilurrohman dipimpin oleh Kepala Madrasah sebagai manajer sentral. Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0013555.AH.01.07.TAHUN 2016.
Sejak berdiri hingga saat ini madrasah ini telah dipimpin oleh  4 (empat) orang Kepala, yaitu:
1.        KH. Muh. Asykuri  (periode  1981 – 1999)
2.        Dr. Muhlis, M.Ag (Periode 1999 – 2006)
3.        Moh. Masruhin, S.Pd.I (Periode  2006 – 2012)
4.        Winda Mualifah, S.Pd (Periode 2012 – sekarang)

C.      Visi dan Misi Madrasah 

Untuk mencapai pendidikan yang khas MTs Sabilurrohman ini memiliki visi dan misi.
Visi madrasah ialah ”ULTRASONIC”, yaitu Unggul, Terampil, Sopan, Beriman, Cendekia.
1.      Unggul dalam prestasi (akademik dan non akademik).
2.      Terampil dalam kecakapan hidup (life skill).
3.      Sopan dalam karakter/akhlak mulia dan budaya Islami.
4.      Beriman kepada Allah SWT dalam meningkatkan ketaqwaan dan ibadah.
5.      Cendekia dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.


Misi MTs Sabilurrohman adalah :
1.      Meningkatkan kualitas di bidang akademik dan non akademik dengan mengoptimalkan pembelajaran berbasis PAIKEM.
2.      Meningkatkan keterampilan akademik dan sosial siswa melalui kegiatan intra, ekstra kurikuler, sosial dan keagamaan..
3.      Mengupayakan selalu sopan dalam bertindak, pelopor keteladanan.
4.      Beriman, dengan selalu meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.
5.      Meningkatkan daya pikir dan daya kreativitas siswa bagi diri dan lingkungan kehidupan untuk menghadapi persaingan hidup dimasa mendatang.

D.     Pendidikan Karakter
Pada saat ini MTs Sabilurrohman Gubug telah menyelenggarakan program pendidikan menggunakan Kurikulum KTSP dan 2013 yang mencoba meretas jalan membentuk sistem pendidikan berkualitas, dengan orientasi pembentukan karakter peserta didik secara terintegrasi.
Dalam membentuk karakter para siswa, MTs Sabilurrohman Gubug  menyelenggarakan pembiasan dan keteladanan yang islamik, yaitu: Membaca Asmaul Husna bersama-sama setiap pagi, penanaman kedisiplinan, menjaga kebersihan lingkungan madrasah, kebiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun), Senam pagi setiap hari sabtu, Shalat dzuha dan Dhuhur berjamaah.











 



E.      Prestasi Terbaik
Pada sisi yang lain setiap ada perlombaan baik tingkat KKMTs ataupun Kabupaten Madrasah ini sering menyabet kejuaraan khususnya dalam bidang seni, dintaranya:
1.        Juara 2 putra dan putri Kaligrafi AKSIOMA  tingkat KKMTs 2 Jeketro tahun 2017
2.        Juara 3 putri pidato bahasa Arab AKSIOMA tingkat KKMTs 2 Jeketro tahun 2017
3.        Juara 1 putra pidato Bahasa Arab PORSENI tingkat kabupaten Grobogan Tahun 2015
4.        Juara 3 Putra dan Putri pidato Bahasa Arab AKSIOMA tingkat tingkat KKMTs 2 Jeketro Tahun 2015
5.        Juara 2 putri Kaligrafi AKSIOMA  tingkat KKMTs 2 Jeketro tahun 2015
6.        Juara 2 putra Kaligrafi AKSIOMA  tingkat KKMTs 2 Jeketro tahun 2015

F.      Prioritas pengembangan Bakat dan minat Siswa
Dalam menunjang bakat siswa madrasah ini menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang lengkap yaitu : Futsal, Bola Voli, , BuluTangkis, TenisMeja, Drum Band, Kaligrafi, dan Pramuka. Dimana semuanya sangat menarik dan mendukung kesuksesan peserta didik di MTs sabilurrohman untuk meraih cita-cita yang diinginkan.
 

G.     Kenyaman Belajar
Demi menunjang proses belajar mengajar berbasis PAIKEM, madrasah ini memberikan fasilitas atau sarana dan prasarana yang lengkap untuk membantu kelancaran dan kenyamanan dalam proses belajar di madrasah.
Adapun fasilitas pendukung pelayanan pendidikan di MTs Sabilur rohman antara lain: 1. Ruang belajar yang representatif; 2. Ruang Laboratorium IPA yang memadai; 3. Ruang  Multi media yang luas; 4. Ruang Perpustakaan yang luas, nyaman dan representatif; 5. Lapangan Olah Raga yang luas dan representatif; 6. Masjid yang nyaman; 8. Peralatan Ekstra kurikuler Olah Raga dan Seni yang memadai; 10. Aula yang luas.
                                  







H.    PENUTUP
            Profil MTs Sabilurrohman Gubug ini merupakan gambaran nyata tentang keberadaan lembaga pendidikan unggulan ditingkat pendidikan dasar dengan karakter khas sesuai visi, misi dan tujuan nasional yang berwawasan keIndonesiaan dan untuk membekali dan menciptakan putra-putri terbaik bangsa pada zamannya dimasa yang akan datang. Semoga bermanfaat dan berkah untuk kita semua. Amin…

   

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates